Translate

Tuesday 17 March 2015

Cara Ngurangin Godaan Ngemil yang Bikin Kamu Jadi Gendut

Punya badan gendut emang penuh resiko. Dari mulai resiko kesehatan sampai resiko penurunan rasa percaya diri.  Sebenarnya gendut itu anugerah, tapi kalo datengnya disengaja dan tidak sehat, agak kurang bagus juga sih. Contoh sederhana aja, adalah ngemil seenaknya, yang bisa nyebabin badan jadi melar. Berikut berbau.com punya tips buat kamu yang pengen ngurangin godaan ngemil.


1. Makan lebih banyak serat

Makanan yang berserat tinggi akan ngebuat kamu jadi kenyang lebih lama. Makanan seperti beras merah dan havermut akan mengembang saat berada di perut, juga ngebantu ngelepasin gula perlahan-lahan sehingga energi kamu tidak mudah habis. Pilihan makanan yang berserat tinggi lainnya adalah buah apel, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian (seperti gandum), dan sayuran seperti brokoli.

2. Santap juga lebih banyak protein

Sering diserang rasa kantuk menjelang pukul 16.00? Ini bisa dikarenakan kadar gula yang lagi turun. Hindari makan yang tinggi karbohidrat pada saat makan besar, terutama makan siang. Memang, kamu akan cepat kembali berenergi dan terlihat maco, tapi segera setelahnya langsung loyo lagi. Pilih makanan yang kaya protein, yang ngebuat tubuh kamu lebih lambat dalam mengubah karbohidrat menjadi gula. alhasil, kamu nggak akan kepingin ngemil karena masih kenyang. Ada berbagai pilihan sehat yang bisa divariasikan setiap hari, mulai dari daging ayam, ikan, telur, keju, sampai kacang-kacangan seperti buncis atau quinoa.

3. Minum yang cukup

Riset membuktikan, ternyata otak tidak dapat membedakan antara sensasi lapar dengan haus. Keduanya dianggap sama. Karena itu, ketika kamu udah mulai ngerasa ingin ngemil padahal belum lama makan, coba anggap dulu itu sebagai tanda-tanda haus alih-alih kelaparan. Minum segelas air, kemudian tunggu 20 menit untuk memastikan kamu memang benar-benar lapar, bukannya sekadar haus. Selain itu, cukupi juga asupan minum dalam sehari dengan minum setidaknya 8 gelas sehari. Plus, awali acara makan dengan minum segelas air, sehingga Anda tidak makan berlebihan.

4. Jangan jadikan makan sebagai hobi

Kamu benar-benar lapar, atau hanya bosan, stres, atau sedih? Ternyata, ada sebagian orang yang makan karena dorongan pelampiasan emosi. Atau, karena terbiasa menyantap puding setelah makan besar dan minum soda saat nonton di bioskop. Coba ganti dorongan seperti ini dengan me-”make-over” jenis makanan kamu. Misalnya nih saat beban kerja sedang tinggi dan kamu ingin mengunyah, makanlah kacang atau apel, bukannya biskuit cokelat.

5. Berolahragalah lebih sering

Menurut studi, olahraga yang sifatnya aerobik dapat membantu menekan nafsu makan berlebihan. Selain itu, olahraga juga dapat membantu ngendaliin kadar gula darah. Jadi, segera kenakan sepatu olahraga kamu dan mulailah latihan. Jangan lupa santap juga makanan bergizi agar hasilnya lebih maksimal.

Sumber

Baca Juga :

Barang - Barang yang Nggak Boleh Dibuang diToilet

Manfaat Petai yang Membuat Kamu Nggak Nyangka


Desain Kreatif dari Dispenser yang Bikin Kamu Nggak Habis Pikir

No comments:

Post a Comment