Translate

Wednesday 18 March 2015

13 Makanan Yang Dapat Mencerdaskan Otak

Otak merupakan organ terpenting manusia. Setiap orang ingin memiliki otak yang cerdas, dapat berfikir cepat dan tepat serta memiliki daya ingat yang kuat. Dengan otak yang cerdas, berbagai macam pekerjaan, tantangan dan masalah dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat pula. Lalu, bagaimanakah cara mencerdaskan otak anda? Salah satunya adalah dengan memenuhi asupan gizi otak dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat sehari-harinya. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dipercaya dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta merangsang pertumbuhan sel-sel otak. Diantaranya :

1. Ikan


Ikan sangat baik untuk menutrisi otak kita. Pada ikan terdapat asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 ini sangat banyak terdapat di ikan salmon, ikan tuna dan ikan sarden.

2. Pisang


Hampir semua orang kenal dan menyukai buah pisang. Ternyata, juga sangat baik untuk menutrisi otak. Buah pisang memiliki kandungan kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk transmisi saraf di tubuh dan otak anda.

3. Alpukat


Buah ini sangat baik untuk menutrisi otak kita. Sebab, buah alpukat kaya akan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan serta mampu melindungi otak dari penuaan dini.

4. Brokoli


Brokoli karena mengandung vitamin C, antioksidan serta betakaroten yang berguna untuk menjaga kesehatan otak anda.

5. Telur


Telur dikenal sebagai sumber protein yang mudah didapat dan harganya pun cukup terjangkau. Bagian kuning telur kaya akan kandungan kolin, yakni suatu zat yang dapat membantu perkembangan daya ingat atau memori.Karena di dalam telur mengandung asam amino yang dibutuhkan otak kita.

6. Kacang-kacangan


Makanan yang satu ini merupakan makanan spesial karena menawarkan segudang sumber energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Disamping itu itu, kacang adalah sumber serat, mineral, dan vitamin. Kacang dipercaya sangat baik untuk otak karena makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir terutama untuk anak-anak. Penelitian menyebutkan, kacang merah mengandung asam lemak omega-3 (khususnya ALA) lebih banyak dibandingkan dengan kacang jenis lainnya.

7. Sayuran Berwarna


Sayur bayam, wortel, labu, ubi jalar, dan tomat adalah sayuran-sayuran yang kaya nutrisi dan antioksidan yang berfungsi menguatkan sel-sel otak dan membuatnya lebih sehat.

8. Daging Sapi Tanpa Lemak


Makanan ini merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi. Zat besi merupakan mineral esensial yang fungsinya membantu anak-anak berkonsentrasi dan tetap berenergi saat di sekolah. kandungan mineral lain pada daging sapi adalah seng yang berfungsi membantu menjaga daya ingat.

9. Susu Dan Yogurt


Makanan-makanan yang terbuat dari susu cenderung mengandung vitamin B dan protein tinggi. Kedua jenis nutrisi penting ini akan membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan jaringan neurotransmitter. Selain itu, Susu dan yogurt juga bisa membantu perut kenyang disebabkan kandungan karbohidrat dan proteinnya menjadi sumber energi untuk otak.

10. Cokelat


Cokelat banyak mengandung Flavonoid. Flavonoid memicu pembentukan sel saraf baru. Jal ini akan menambah kemampuan menyimpan ingatan dalam memori otak anda.

11. Gandum Murni


Otak memerlukan persediaan glukosa dari tubuh yang bersifat stabil dan konstan. Gandum murni akan berperan sebagai pendukung kebutuhan itu. Serat-serat yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Disamping itu, makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B yang manfaat dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

12. Buah Berry


Stroberi, blackberry, raspberry, blueberry, dan buah berry lainnya banyak mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan tubuh. Antioksidan yang tinggi pada jenis buah berry, terutama vitamin C, berperan sebagai pencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ekstrak stroberi dan blueberry mengalami perbaikan fungsi daya ingat. Biji dari buah berry juga diketahui memiliki kandungan asam lemak omega-3

13. Oat


Oat (oatmeal) merupakan sejenis sereal yang populer terutama di kalangan anak-anak. Oat mampu menyediakan energi bagi otak, yang merupakan kebutuhan anak-anak dalam mengawali kegiatan pagi hari.Serat pada oat memiliki peran menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya sepanjang pagi. Kandungan lain yang terdapat pada oat adalahi seng, potasium, vitamin E, dan vitamin B yang dapat membuat fungsi tubuh serta otak berfungsi pada kondisi prima.

 Sumber

Baca Juga :
Perbedaan CD, DVD, HD-DVD dan Blu-Ray
10 Bencana Kelaparan Paling Mengerikan
10 Kisah Nyata Pengorbanan Diri Sendiri

No comments:

Post a Comment