Translate

Saturday 21 March 2015

5 Benda Jadul Ini Bisa Bikin Bulu Kuduk Kejang-Kejang


Beberapa di antara pembaca pasti masih ada yang takut dengan alat-alat di dunia kedokteran. Memang beberapa alat terlihat cukup mengerikan, tapi sebenarnya kita harus bersyukur karena alat-alat medis sekarang jauh lebih manusiawi dengan bentuk yang lebih sopan.

Ya, soalnya alat-alat medis sekarang ini tidak seperti jaman dahulu yang tampil dengan bentuk mengerikan dan cara yang terkadang cukup sadis. Malah, ada beberapa alat yang dinilai sangat tidak layak untuk dipakai di dunia kedokteran sampai hari ini.

Berikut beberapa benda tersebut :

1. Utica Crib



Diperkirakan muncul sekitar abad ke-19, psikiater menggunakan alat ini untuk merawat orang dengan penyakit mental. Caranya sudah jelas dengan mengurung pasien di dalam kotak ini.

Para dokter yang pada saat itu masih kurang pengetahuan bagaimana cara mengatasi orang-orang dengan penyakit tersebut lalu mempelajari bagaimana perilaku dan mencari tahu cara penanganan yang tepat bagi sang pasien. Dinamakan Utica Crib karena alat ini muncul dan dikembangkan di Utica State Hospital, New York.

2. Tanning Untuk Bayi Yang Kekurangan Vitamin D




Semua bayi yang menjalani perawatan ini adalah para penderita rickets, penyakit di mana kondisi tulang yang melemah karena kurangnya vitamin D. Nah, untuk membantu merangsang kulit untuk menghasilkan vitamin D, alat tanning ini pun digunakan sebagai salah satu alat medis yang cukup mengerikan.

Meski si bayi tampak begitu senang menikmati pancaran sinar panas dari lampu tanning itu, tapi efek jangka panjang yang ditimbulkan termasuk berbahaya untuk kulit. Nah, apa ada yang berani mencobanya?

3. Topeng Wabah




Topeng dengan bentuk yang mengerikan ini muncul sekitar abad 16 dan 17. Saat itu, wabah memang sedang menyebar luas. Yang lebih parah, pihak rumah sakit belum tahu bagaimana cara menghindari dan merawat para pasien yang terkena wabah saat itu.

Akhirnya orang-orang mulai membuat sebuah topeng dari lilin yang cukup berat. Bentuknya pun sengaja mereka buat seperti itu sebagai peringatan bagi orang-orang yang terkena wabah penyakit tersebut.

4. Artificial Leeches




Dalam dunia medis, lintah memang sama sekali tidak membantu dalam dunia pengobatan. Walau begitu, belum tentu darah Agan mau dihisap dengan lintah dari besi dan mengerikan seperti yang satu ini.

Para dokter menggunakan artificial leech untuk melakukan operasi pada mata atau telinga. Yang mengerikan, benda ini akan berputar, memotong kulit, dan langsung menghisap darah lewat tabung kecilnya. Beruntung alat operasi saat ini sudah tidak seperti jaman dahulu

5. Alat Operasi Hernia


Pada pertengahan abad ke-19, alat ini digunakan para dokter untuk membantu memudahkan mereka dalam proses penyembuhan setelah operasi hernia. Benda ini akan ditempatkan di bagian operasi selama beberapa minggu untuk mengunci dan menahan bagian otot yang ada di sekitar titik operasi hernia dilakukan sebelumnya.

Walau begitu, dunia medis pun akhirnya menyingkirkan benda ini karena dinilai terlalu sadis untuk sebuah proses penyembuhan operasi hernia. Setelah tahun 1850, akhirnya benda kecil yang satu ini sudah ditinggalkan para dokter dan ahli bedah dalam setiap proses operasi hernia dan penyembuhannya.

Sumber

Baca Juga :
7 Pelajaran Berharga Yang Bisa Lo Dapat Saat Travelling Dengan Teman
10 Bukti Kalau Kamu Orang Indonesia Sejati
7 Kebiasaan aneh orang Indonesia saat makan

No comments:

Post a Comment